Home » » Situs Watu Gong

Situs Watu Gong

Written By moch wafi on Sabtu, 21 Mei 2011 | 01.57


Lokasi situs Watu Gong, peninggalan Kerajaan Kanjuruhan tersebut memang tidak kelihatan dari jalan utama Merjosari Dau, karena masih harus masuk ke sebuah gang yang berjarak sekitar 500m.
Namun, bila kita bertanya kepada warga sekitar, lokasi dengan mudah ditemukan gang menuju situs itu dinamai warga sebagai Gang Watu Gong. Lokasi situs tepatnya di RT 4 RW 3 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Dua belas buah batu berbentuk mirip gong berjajar mengelilingi teras sebuah bangunan pendapa berukuran kecil. Ukuran batu itu cukup besar berdiameter berkisar 80cm, tebalnya 30cm. Sedangkan tinggi tonjolan di bagian atasnya sekitar 15cm.

Di dalam bangunan yang didirikan Pemkab Malang semasa Bupati Eddy Slamet itu, juga ada lesung (alat menumbuk padi) dari batu dan lumpang (alat untuk menumbuk sesuatu) yang terbuat dari batu. Keduanya berukuran cukup besar dibandingkan lesung atau lumpang yang digunakan masyarakat sekarang.

Ada pula dua arca berbadan gajah tanpa kepala. Sebuah tatakan dan tempat dupa yang sengaja diletakkan untuk orang-orang yang berziarah ke tempat ini.

Dulu arcanya ada enam dan watukenong-nya ada 13, empat arca dan satu watukenong dicuri orang,” ungkap P. Suradi, penjaga situs purbakala tersebut”.

Pada hari kemerdekaan 17 Agustus, biasanya lokasi situs tersebut ramai. Sebab, oleh warga sekitar, situs itu dijadikan ikon untuk tumpengan.

Warga syukuran di areal situs tersebut karena memang situs tersebut satu-satunya lokasi yang representatif untuk dijadikan lokasi berkumpulnya warga. Pada hari-hari biasa, situs yang ada di pojokan jalan kampung itu sepi pengunjung.

Dalam setahun, tidak lebih dari 70 orang yang mengunjunginya. Itu terlihat dari nama-nama dalam buku tamu yang ada di rumah P. Suradi.

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Maintained br : Kweekster Copyright © 2011. INFUS | Informasi Usaha Malang Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website